Python Kalahkan Java sebagai Bahasa Pemrograman Terpopuler Kedua di Dunia

Bahasa pemrograman Python baru saja membuat sejarah dalam indeks TIOBE mulai November 2020: Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, Python mengalahkan Java sebagai bahasa pemrograman terpopuler kedua di dunia. Sebelumnya, indeks TIOBE Oktober 2020 menunjukkan Jawa menduduki peringkat kedua dan C pertama.

Python-Kalahkan-Java-sebagai-Bahasa-Pemrograman-Terpopuler-Kedua-di-Dunia-

Namun, keadaan ini berubah sebulan kemudian. Python, yang dicap sebagai bahasa pemrograman yang mudah digunakan, akhirnya mendapatkan popularitas. Bisakah Anda menebak mengapa bahasa pemrograman Python semakin populer?

Apa alasan popularitas Python?

Paul Jansen, CEO TIOBE, juga menyampaikan pendapatnya tentang fenomena langka ini. Menurut Jansen, popularitas ini terkait dengan meningkatnya kebutuhan programmer software.

Dengan adanya pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang melakukan digitalisasi bisnisnya

. Dengan demikian, kebutuhan programmer perangkat lunak meningkat pesat. Sayangnya, banyak pemrogram perangkat lunak yang terampil gagal memenuhi persyaratan ini.

Jika sumber daya manusia terbatas, programmer non-software juga bisa menjadi alternatif. Untuk mendukung pekerjaan programmer non-software, Python adalah pilihan yang tepat. Alasan untuk ini adalah bahwa bahasa pemrograman ini memiliki semua yang dibutuhkan oleh programmer non-perangkat lunak.

Python lebih sederhana daripada Java dan karena itu juga dapat digunakan oleh programmer

non-perangkat lunak. Selain itu, bahasa pemrograman ini memiliki kemampuan tingkat Java dan penerapan yang mulus.

Selain teori Jasen, ada pendapat lain yang layak didengar. Menurut pihak ini, popularitas Python erat kaitannya dengan semakin populernya teknologi yang menggunakan Python, seperti AI, data mining, komputasi numerik, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa teori mengapa Python semakin populer

dan digunakan oleh programmer. Apakah Anda lebih akrab dengan Python atau Java?

Lihat Juga :

https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/