IPTEK Adalah : Pengertian, Peran, Perkembangan, Dampak

Pengertian ilmu pengetahuan dan teknologi
Baca cepat Buka

Menurut Iskandar Alisyahbana (1980), teknologi telah dikenal masyarakat selama jutaan tahun dari dorongan untuk hidup lebih nyaman, makmur, dan berkecukupan. Jadi teknologi sebenarnya sudah ada sejak awal peradaban, meskipun istilah teknologi tidak digunakan. Istilah teknologi berasal dari techne atau cara dan logos atau pengetahuan. Jadi teknologi secara harfiah dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang cara-cara. Baginya, pengertian teknologi itu sendiri adalah cara melakukan sesuatu, dengan bantuan akal dan alat, untuk memenuhi kebutuhan manusia, sehingga seolah-olah memperluas, memperkuat atau membuat anggota badan, indera dan otak manusia lebih bertenaga. Sementara itu, Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) menunjukkan pentingnya teknologi sebagai metode yang mengarah secara rasional dan memiliki karakteristik efisiensi dalam setiap bidang aktivitas manusia.

IPTEK-Adalah--Pengertian-Peran-Perkembangan-Dampak

Proses yang meningkatkan nilai tambah

Produk yang digunakan dan diproduksi untuk memfasilitasi dan meningkatkan kinerja
Struktur atau sistem di mana proses dan produk dikembangkan dan digunakan

Sedangkan dampak adalah akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu. Jadi pengaruh teknologi merupakan hasil dari suatu teknologi, dapat berupa akibat yang baik maupun dampak yang negatif bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk membawa manfaat positif bagi kehidupan manusia. Menawarkan banyak kemudahan dan cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Di bidang teknologi khususnya, masyarakat diuntungkan dengan banyaknya keuntungan yang dihasilkan dari inovasi-inovasi dalam satu dasawarsa terakhir. Namun meski awalnya diciptakan untuk memiliki manfaat positif, di sisi lain juga dimungkinkan untuk digunakan untuk hal-hal negatif. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas dampak positif dan negatif kemajuan teknologi terhadap kehidupan manusia human

Peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat

Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa teknologi sudah ada sejak lama atau masyarakat sudah menggunakan teknologi. Pada zaman dahulu, ketika orang memecahkan lilin dengan batu atau memetik buah dengan tongkat, sebenarnya mereka menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana. Dalam hal teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lainnya secara sistematis dan sistematis untuk memecahkan masalah. Pakar lain, Kast & Rosenweig, menyatakan bahwa teknologi adalah seni menggunakan pengetahuan ilmiah. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980: 1) merumuskan definisi teknologi yang lebih jelas dan lengkap, yaitu bagaimana melakukan sesuatu dengan bantuan alat dan akal untuk memenuhi kebutuhan manusia, sehingga tampak seolah-olah memanjang, menguatkan atau membuat anggota badan, panca indera dan otak manusia lebih kuat. . Dapat dilihat dari beberapa definisi di atas bahwa kehidupan manusia tidak lepas dari keberadaan teknologi. Artinya, teknologi merupakan keseluruhan jalur yang secara rasional mengarah pada karakteristik efisiensi dalam setiap aktivitas manusia. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia itu cerdas. Dengan pikirannya dia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih mudah, lebih aman dan segala sesuatu yang lain di atas itu.
Baca Selengkapnya: Pengertian Lembaga Keuangan Perbankan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik di bidang teknologi informasi maupun komunikasi sangat tinggi, mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat pembangunan atau meningkatkan pembangunan, baik pengembangan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini adalah teknologi komunikasi, yang menawarkan berbagai macam teknologi dan penyempurnaan. Perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri sebenarnya selaras dengan kehidupan dan keberadaan manusia itu sendiri. Ada empat poin penting yang menentukan dalam sejarah komunikasi. Menurut Nordenstreng dan Varis (1973), pemerolehan bahasa bertepatan dengan kelahiran seseorang. Perkembangan seni menulis berjalan seiring dengan komunikasi linguistik. Reproduksi kata-kata tertulis melalui printer, sehingga memungkinkan komunikasi massa yang sebenarnya terwujud.

Munculnya komunikasi elektronik mulai dari telegraf, telepon, radio, televisi hingga satelit. Di

 

Lihat Juga :

https://liga-indonesia.id/
https://www.bolt.id/
https://beautynesiablog.id/
https://psyline.id/
https://creasi.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://mandiriecash.co.id/
https://excite.co.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co